STADIUM DI NEGARA INGGRIS

English Premier League atau liga inggris adalah salah satu liga terbesar di dunia dan merupakan liga yang memiliki persaingan club yang cukup panas serta club sepak bola yang ikut berpartisipasi diliga inggris memiliki prestasi  rata-rata yang hampir sama. Stadium merupakan arena club-club liga inggris untuk melakukan latihan atau pertandingan. Pada kali ini saya akan membahas kepada anda semua beberapa stadium terbesar di liga inggris. Penilaian dapat dilihat dari kapasitas dan seberapa besar stadium tersebut.

1.White Hart Lane – Tottenham Hotspur F.C.

Kapasitas : 36.310 kursi
Club : Tottenham Hotspur F.C.
Terletak di Tottenham, London bagian utara Inggris

White Hart Lane merupakan kandang dari club Tottenham Hotspur F.C. hanya saja baru baru ini diberitakan bahwa club ini akan pindah ke stadium yang lebih besar dan megah lagi. Dilansir dari website resmi Tottenham Hotspur sudah meluncurkan planning stadium yang mampu menampung hingga 78.000 kursi dan menyaingi stadium Old Trafford markas dari Manchester United.

2. Goodison Park Everton F.C. Stadium 

Kapasitas : 40.157 kursi
Club : Everton F.C.
Terletak di kota Liverpool, Inggris

Goodison Park merupakan markas dari club Everton F.C.  yang memiliki kapasitas hingga 40.157 kursi. Dilansir dari sosial media Everton F.C. memiliki rencana untuk pindah ke stadium yang lebih besar yang mampu menampung hingga 55.000 penonton tapi rencana awal tersebut sudah ditolak.

3. Stamford Bridge – Chelsea F.C.

Kapasitas : 41.837 kursi
Club : Chelsea F.C.
Terletak di Fulham Road, London

Stamford Bridge merupakan markas dari club ternama Chelsea F.C. Stamford Bridge dibuka pada tahun 1877 dan digunakan oleh London Athletics Club hingga tahun 1905, saat pemilik baru Gus Mears mendirikan Chelsea Football Club untuk menempati stadion. Chelsea memainkan pertandingan kandang di stadion ini sejak saat itu.Stadion ini telah mengalami berbagai perubahan besar selama bertahun-tahun, yang terakhir pada dekade 1990-an ketika dilakukan renovasi untuk menjadikan sebuah stadion yang lebih modern, stadion dengan kursi penonton pada setiap tribun. Tribun timur dapat menampung hingga 10.925 kursi, Shed End dapat menampung hingga 6.831 kursi, Tribun Barat dapat menampung hingga 13.500 kursi penonton.

4. Villa Park – Aston Villa F.C

Kapasitas : 42.788 kursi
Club : Aston Villa F.C
Terletak di  Birmingham, Inggris

Villa Park merupakan markas dari club Aston Villa F.C yang memiliki kapasitas hingga 42.788 kursi penonton dan memiliki salah satu tribun terbesar di belakang gawang yang ada di Eropa. Club ini telah meminta izin untuk perencanaan membangun stand dibagian Utara.

5. Anfield – Liverpool F.C

Kapasitas : 45.726 kursi
Club : Liverpool F.C
Terletak di kota Liverpool Inggris

Anfield merupakan markas dari club terkuat Liverpool F.C memiliki kapasitas penampung hingga 45.726 kursi. Sejak klub didirikan pada tahun 1892. Stadion ini awalnya adalah kandang dari klub Everton F.C. dari tahun 1884 hingga 1892 ketika Everton pindah ke stadion Goodison Park.

6. Etihad Stadium – Manchester City Stadium

Kapasitas : 55.097 kursi
Nama Lain : City of Manchester Stadium
Club : Manchester City
Terletak di Manchester, England, Europe

Etihad Stadium merupakan salah satu markas dari Manchester City. Pada awalnya stadium ini dibangun sebagai tempat penyelenggaraan Commonwealth Games 2002 dengan biaya sebesar £110 juta. Nama stadion berubah menjadi Etihad Stadium sejak Juli 2011 untuk tujuan sponsorship. The City of Manchester Stadium saat ini memiliki lapangan terluas di sepakbola Inggris dan juga memiliki lampu sorot tertinggi di Inggris. Sangat pantas jika stadion yang satu ini merupakan salah satu stadion termegah di inggris.

7. Stadium of Light – Sunderland A.F.C

Kapasitas : 48.707 kursi
Club : Sunderland A.F.C
Terletak di Sunderland, England, Europe

Stadium of Light merupakan markas dari club Sunderland A.F.C. The Stadium of Light dibangun di Inggris sejak tahun 1923 ketika dibuka pada tahun 1997 dengan biaya sebesar £ 23 juta. Kapasitas di Stadium of Light saat ini 48.707 tapi Sunderland telah merencanakan izin untuk perpanjangan Stand Selatan untuk menambahkan kapasitas keseluruhan menjadi sekitar 55.500.

8. Emirates Stadium – Arsenal F.C.

Kapasitas  : 60.355 kursi
Club : Arsenal F.C
Terletak di London, England, Europe

Emirates Stadium merupakan salah satu club dengan julukan “The Gunners” yaitu Arsenal. Stadion Emirates saat ini stadion klub terbesar di London dengan kapasitas 60.355. Stadion ini secara resmi dibuka pada tahun 2006 dan merupakan salah satu stadion sepak bola yang paling modern di Inggris. Arsenal memutuskan membutuhkan stadion baru untuk menggantikan Stadion Highbury tua mereka selama akhir 1990-an, stadion baru secara resmi diumumkan pada tahun 1999 dan pada awalnya akan dibuka pada tahun 2003 tetapi tanggal ini dimasukkan kembali di tahun 2006.

9. Old Trafford – Manchester United

Kapasitas : 75.635 kursi
Club : Manchester United
Terletak di Manchester, England, Europe

Old Trafford  merupakan markas dari club terbesar di Liga Inggris yang memiliki julukan “The Reds” yaitu Manchester United. Old Trafford yang dijuluki “The Theatre of Dreams” oleh Sir Bobby Charlton, Old Trafford saat ini memiliki total kapasitas 75.957 setelah mengalami beberapa perluasan pada 1990-an dan 2000-an, terutama penambahan tingkatan ekstra di bagian Utara, Barat dan Timur. Stadion yang satu ini merupakan stadion Terbesar kedua di Inggris setelah Stadion Wembley yang merupakan Stadion Nasional Inggris.

10. Wembley 

Kapasitas : 90.000 Kursi
Terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris

Stadion Wembley dibangun pada tahun pada September 2002 silam. Stadion yang terletak di kota London ini memiliki kapasitas sebesar 90.000 penonton sehingga menjadikannya stadion sepakbola terbesar di Inggris. Selain digunakan sebagai kandang dari timnas Inggris, Stadion Wembley juga selalu menjadi venue bagi Final Piala FA. Selain itu, Wembley pernah dipakai untuk menggelar partai final Liga Champions 2011 dan 2013. Stadion ini rencananya bakal digunakan untuk pertandingan semifinal dan final Euro 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *