5 Kiper Merebut Gelar Sarung Tangan Emas Liga Inggris

Golden Glove (Sarung Tangan Emas) adalah penghargaan sepak bola asosiasi tahunan yang dipresentasikan kepada kiper yang menyimpan lembaran paling bersih (saat kiper tidak mengakui gol dalam satu pertandingan pun) di Liga Primer. Untuk tujuan sponsorship, telah disebut sebagai Barclays Golden Glove sejak didirikan pada musim 2004-05. Awalnya, Golden Glove hanya bisa dimenangkan langsung oleh satu pemain; Seharusnya ada ikatan, kiper dengan rasio clean-to-games superior mendapat penghargaan. Namun, mulai musim 2013-14, Golden Glove dibagikan oleh kiper dengan jumlah bersih yang sama, terlepas dari jumlah permainan yang mereka mainkan.

Liga Primer didirikan pada tahun 1992, saat klub-klub Divisi Pertama meninggalkan The Football League. Mereka mendirikan liga komersial baru yang independen untuk menegosiasikan perjanjian penyiaran dan sponsor mereka sendiri Pada tahun 2005, Golden Glove Premier League pertama kali diberikan, dengan Petr Čech penerima pengukuhannya. Čech dan Joe Hart telah memenangkan penghargaan tersebut dalam empat kesempatan, paling banyak dari semua kiper. Hart bermain untuk Manchester City di masing-masing dari empat musim kemenangannya dan mereka adalah klub yang paling banyak menerima penghargaan.

Čech membuat rekor untuk pertandingan tanpa kebobolan satu gol dalam satu musim dengan 21 untuk memenangkan penghargaan perdana pada tahun 2005. Prestasi ini disamai oleh Edwin van der Sar selama musim 2008-09, yang juga melampaui rekor sebelumnya Čech dari 10 pukulan bersih berturut-turut. Lembaran dengan mencapai 14. Selama beruntun, Van der Sar pergi 1.311 menit tanpa kebobolan gol. Dalam prosesnya, dia memecahkan rekor Liga Primer Inggris (1.025 menit), rekor Steve Warner Football League (1.103 menit) dan rekor liga sepanjang masa di Inggris (1.155 menit) untuk sebagian besar berturut-turut tanpa gol. Čech, adalah penerima penghargaan saat ini, yang tidak kebobolan dalam 16 pertandingan selama musim 2015-16 meski telah melewatkan 4 pertandingan karena cedera.

Kompetisi Liga Inggris musim 2016-17 tinggal tersisa beberapa pekan. Selain klub-klub yang berjuang memperebutkan posisi terbaik di klasemen, ada juga persaingan antara kiper dalam memperebutkan penghargaan Golden Glove.

Di sederet kiper hebat di Liga Inggris, lima kandidat terkuat bersaing mendapatkan penghargaan Golden Glove. Mereka adalah Joe Hart (Manchester City), Kasper Schmeichel (Leicester City), David De Gea (Manchester United), Petr Cech (Arsenal), dan Hugo Lloris (Tottenham Hotspur).  Dari awal Golden Glove didirikan pada musim 2004/05 Petr Cech dan Joe Hart sudah mendapatkan 4 kali penghargaan Golden Glove. Pada Musim ini persaingan memperebutkan Golden Glove semakin sengit.

Siapakah Kiper yang mendapatkan Golden Glove pada musim 2016/17 ini ? apakah Petr Cech dan Joe Hart dapat mempertahankan gelar Golden Glove pada musim 2016/2017 ? kita tunggu siapa yang layak dinobatkan sebagai kiper terbaik Liga Inggris musim 2015-16saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *