20 Tim Liga Inggris 2016/2017

Inggris adalah negara yang memiliki sejarah panjang dalam dunia sepakbola. Bahkan kompetisi liga sepakbola di negeri Ratu Elizabeth sudah ada sejak tahun 1888. Pada akhir musim 1888-89 Preston North End adalah klub pertama yang menjadi juara setelah menyelesaikan seluruh pertandingan mereka tanpa terkalahkan. Sebelum dibentuk Liga Primer pada tahun 1992, kompetisi liga nasional tertinggi di Inggris adalah Liga Sepak Bola Divisi Pertama (Football League First Division) yang merupakan divisi tertinggi dari 4 divisi dari The Football League.

Penilaian tersebut berdasarkan perhitungan poin kemenangan yang sudah dijalani oleh tim Merseyside, yang mengoleksi 18 titel liga dan hanya 12 kali bermain di bawah level tertinggi Inggris.
Tabel perhitungan yang dirilis oleh Talksport menjadi dua bagian, di mana bagian satu menggunakan format lama tahun 1888 hingga 1981, yakni dua poin untuk menang dan satu poin untuk seri. Sementara bagian lainnya sama seperti format yang dipakai sejak 1981-82 hingga sekarang

1.SunderLand
SunderLand adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang berkompetisi di Liga Utama Inggris. Sunderland yang bermarkas di Sunderland, Tyne and Wear memainkan pertandingan kandangnya di Stadium of Light yang berkapasitas 49.000 penonton. Sunderland dijuluki The Black Cats (Kucing Hitam).

Sunderland

Setelah mendominasi kompetisi di tahun-tahun terakhir abad 19, Sunderland harus puasa gelar juara liga semenjak tahun 1913. Johnny Cochrane kemudian melakukan usaha terbaik yang ia bisa untuk menghentikan puasa gelar klub ini, dengan sabar membangun klub setelah bergabung sebagai manajer di tahun 1928 dan membawa mereka ke posisi kedua pada musim 1934/35. Pada musimn tersebut, mereka selalu mengejar Arsenal, namun di musim selanjutnya, Black Cats sudah unggul sangat jauh saat Natal dan sama sekali tidak terlihat akan terkejar. Gelar tersebut ternyata menjadi gelar terakhir Sunderland di kasta tertinggi sepakbola Inggris hingga saat ini, namun setidaknya mereka melakukannya dengan penuh gaya mereka menjadi juara dengan keunggulan delapan poin atas Derby (15 jika dihitung dengan peraturan tiga poin untuk setiap kemenangan)

2. Middlesbrough
Middlesbrough adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Middlesbrough. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Riverside yang berkapasitas 35.049 penonton. Seragam mereka adalah merah-putih. Sehingga mereka dijuluki Boro.

Klub didirikan pada tahun 1876 dan merupakan salah satu dari klub sepak bola tertua di Inggris. Mereka memenangkan Piala FA Amatir pertama pada tahun 1895 dan memenanginya lagi pada tahun 1898. Klub berubah status menjadi profesional pada tahun 1889, tetapi kembali menjadi status amatir pada tahun 1892. Mereka kembali menjadi klub profesional secara permanen pada tahun 1899.Setelah tiga musim, mereka berhasil promosi ke tingkat teratas liga di Inggris, yang pada waktu itu masih bernama Liga Sepak bola Divisi Pertama (Football League First Division), dan berhasil bertahan selama 22 tahun. Pada tahun 1903 klub pindah ke Stadion Ayresome Park yang menjadi kandang mereka selama 92 tahun. Setelah beberapa tahun kemudian, prestasi klub sangat berfluktuasi. Mencapai posisi ke-6 pada musim 1907–08, sebelum akhirnya mereka jatuh ke posisi 17 dua musim berikutnya. Pencapaian peringkat tertinggi klub terjadi pada musim 1913-14, yang saat itu berhasil mencapai peringkat ke-3.Pada bulan Agustus 1995 mereka pindah ke Stadion Riverside yang menjadi stadion kandang mereka hingga saat ini.

3. Swansea City
Swansea City merupakan sebuah tim sepak bola asal Wales, yang saat ini bermain di Liga Utama Inggris. Didirikan pada tahun 1912. Berbasis di Swansea. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Liberty yang berkapasitas 20.532 penonton. Seragam mereka berwarna putih.

Swansea City

Dalam kurun antara tahun 1981 dan 1983, Swansea mampu merepresentasikan kekuatan mereka di Football League First Division nama awal kompetisi Liga Primer Inggris dan finis di posisi keenam dalam musim pertamanya di level tersebut sebelum pada 1992 diciptakanlah format baru dengan nama Premier League atau Liga Primer Inggris dengan mengklasifikasikan yang terdegradasi ke divisi dua yang disebut Championship. Sejak itu, Swansea terus berkutat di ajang kelas dua tersebut.

Pada 2005, Swansea City resmi memainkan pertandingan kandang pertama mereka di markas baru, Liberty Stadium, stadion yang juga dimiliki bersama dengan klub olahraga rugby, Ospreys Rugby Union Club, setelah sebelumnya “rumah” Swansea bermukim di Vetch Field. Para pemuja Swansea dikenal dengan sebutan ‘Jacks’. Satu alasan kuat kenapa dinamakan demikian, sebab selama abad ke-17 para pelaut yang berasal dari kota Swansea sangat dihormati dan dengan karena reputasinya yang elegan.

Pada Musim 2010-2011 Swansea City sukses promosi ke Liga Utama Inggris melalui jalur play-off, setelah mengalahkan Reading 4-2 di New Wembley pada pertandingan final play-off Liga Championship Inggris. Sebelumnya di semifinal mereka sukses mengalahkan Nottingham Forest dengan aggregat 3-1.

4. Hull City
Hill City merupakan sebuah klub sepak bola asal Inggris. Klub ini bermarkas di Kingston upon Hull dan didirikan pada tahun 1904. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion KC yang berkapasitas 25.404 penonton. Klub ini bermain di Liga Primer dan prestasi terbaik mereka adalah mencapai final Piala FA 2014. Seragam mereka berwarna oranye hitam dengan julukan “The Tigers”.

Hull City

5. Bournemouth
Bournemouth merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang saat ini bermain di Liga Championship Inggris. Klub ini bermain di Lapangan Dean Court di Kings Park, Boscombe, Bournemouth, Dorset dan sudah ada sejak tahun 1899 yang memiliki julukan The Cherries.

Bournemouth

Awalnya klub ini pada saat didirikan pada tahun 1890 bernama Boscombe St. John’s Institute FC tetapi dibubarkan pada tahun 1899 dan didirikan ulang pada tahun 1899 dengan nama Boscombe FC. Klub ini sudah memenangkan tingkatan ke-dua dan ke-tiga Liga Inggris, dan pernah menjadi juara tingkatan ke-empat sebanyak dua kali. Mereka juga pernah memenangkan Liga Selatan Inggris, Trofi Liga Inggris, dan juga Piala Sepak Bola Disisi Ketiga Selatan.

6. Crystal Palace
Crystal Palace merupakan sebuah tim sepak bola Inggris yang bermarkas di London Borough of Croydon dan didirikan pada tahun 1905. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Selhurst Park yang berkapasitas 26.309 penonton. Seragam mereka berwarna merah-biru. Julukan tim ini Eagles, Glaziers.

Musim 2012-13 klub ini bermain di Liga Championship Inggris. Mulai musim 2013-14, klub akan bermain di Liga Utama Inggris setelah mendapatkan promosi karena menjadi juara dalam pertandingan final play-off Liga Championship Inggris, dengan mengalahkan Watford yang berlangsung di Stadion Wembley.

7. Burnley
Burnley adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Burnley, Lancashire. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Turf Moor yang berkapasitas 22.546 penonton. Seragam mereka adalah berwarna nila, sehingga mereka dijuluki Clarets.

Burnley

Clarets juga mencapai perempat final Piala Eropa di tahun 1961. Mereka salah satu dari tiga tim yang pernah memenangkan divisi profesional kejuaraan sepakbola Inggris, bersama Wolverhampton Wanderers dan Preston North End. Hampir seluruh anggota dari tim kemenangan Divisi I musim 1959-1960 pernah bermain di tim remaja Burnley. Clarets juga yang pertama kali membiarkan pelatih memutuskan kebijakan transfer, yang kemudian ditiru oleh beberapa klub paling bergengsi di seluruh dunia.

Antara tahun 2000 dan 2009, mereka bermain di jenjang kedua sepakbola Inggris, hingga mereka naik pangkat ke Liga Premier, untuk pertama kalinya dalam 33 tahun, setelah memenangkan final playoff Kejuaraan 2009. Namun, mereka terdegradasi setelah satu musim. Clarets kembali ke Liga Premier di musim 2014-2015 setelah lolos dari Kejuaraan Liga Sepakbola di akhir musim 2013-2014 sebagai runner up dari Leicester City. Pada tanggal 9 Mei 2015, Burnley kembali terdegradasi ke Kejuaraan, meski telah menang 1-0 atas rival mereka di degradasi, Hull City.

8. West Ham United
West Ham United adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di London. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion London stadium yang berkapasitas 80.000 kursi. Seragam mereka berwarna merah-biru dengan julukan The Irons (besi) dan The Hammers (palu).

West Ham United

Cikal bakal klub dimulai ketika para pekerja Thames Ironworks mendirikan tim sepakbola pada 1895. Tim berlaga di beberapa kompetisi amatir dan pernah menjuarai beberapa turnamen lokal. Tiga tahun berselang, klub beralih status menjadi profesional dan mulai berlaga di Divisi Dua Southern League. Musim 1922/23, West Ham sukses meraih promosi ke Divisi Satu Football League, kasta tertinggi kompetisi sepakbola Inggris saat itu. Tak hanya itu, West Ham juga mampu melaju ke babak puncak Piala FA, yang untuk kali pertama digelar di Wembley, dikenal dengan White Horse Final. Laga puncak tersebut dipenuhi hingga 200.000 penonton dan lapangan harus “dibersihkan” dari lautan manusia oleh seekor kuda putih bernama Billie.

West Ham dianggap sebagai salah satu kunci kesuksesan Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966. Empat gol yang diciptakan Inggris di final merupakan kontribusi dua pemain West Ham, Martin Peters dan Geoff Hurst. Kapten tim saat itu, Bobby Moore, adalah seorang legenda West Ham. Namun, prestasi tim mulai menurun periode 1970-an, ketika klub harus turun naik divisi. Ketika Liga Primer digulirkan, West Ham selalu menjadi bagian dari anggota top tier kecuali dalam tiga musim. Prestasi terbaik West Ham pada periode ini adalah dengan menempati peringkat kelima musim 1998/99 saat masih ditangani Harry Redknapp.

Di Inggris, reputasi West Ham juga dikenal sebagai klub yang mencetak pesepakbola top. Sejak 1950-an, klub mendirikan pusat pembinaan pemain muda yang dibentuk manajer Ted Fenton. Hasil pembinaan tersebut menciptakan para pemain seperti Moore, Peters, dan Hurst, yang menjadi anggota tim juara dunia 1966. Pada periode selanjutnya, akademi memberikan Hammers banyak pemain ternama, seperti Trevor Brooking, Tony Cottee, Paul Ince, Rio Ferdinand, Joe Cole, Michael Carrick, Glen Johnson, hingga Frank Lampard.

9. Leicester City
Leicester City adalah sebuah tim sepak bola Inggris berbasis di Leicester. Leicester Dikenal juga dengan sebutan The Foxes. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion King Power yang berkapsitas 32.000 penonton dan memiliki julukan The Foxes. 

Leicester

Mereka bermain di Liga Premier, setelah promosi sebagai juara Football League Championship di 2013-14, kembali ke papan atas sepak bola Inggris setelah satu dekade dan akhirnya menjadi juara di musim 2015-16, atau dua musim setelah promosi. Leicester dipastikan keluar sebagai juara untuk kali pertama dalam sejarahnya setelah raihan poinnya tak mampu dikejar Arsenal maupun Tottenham diposisi kedua dan ketiga.

Seragam mereka berwarna biru dan celana putih. Klub ini kini berlaga di Liga Utama Inggris. Tim ini didirikan tahun 1884, dengan nama klub Leicester Fosse, yang bermain di sebuah lapangan dekat Fosse Road. Mereka pindah ke jalan Filbert pada tahun 1891, dan mulai masuk ke Football League pada tahun 1894 dan mengadopsi nama Leicester City pada tahun 1919. Mereka pindah ke Stadion Walkers pada tahun 2002, yang berganti nama menjadi Stadion King Power setelah perubahan kepemilikan di 2011.

Leicester memenangkan Premier League 2015-16, juara untuk kali pertama dalam sejarah mereka di kompetisi teratas liga inggris. Sebelum ini, capaian prestasi tertinggi yang pernah mereka raih adalah duduk di tempat kedua di Divisi Satu tahun 1928-29. Klub ini total mengkoleksi tujuh gelar lapis kedua. ( 6 Divisi II dan satu Championship), serta satu gelar League One. Mereka juga telah memenangkan Piala Liga tiga kali dan telah Piala FA runner-up empat kali, sebuah rekor tampil di final tanpa memenangkan kompetisi. Pemain andalan mereka seperti Jamie Vardy, Riyad Mahrez, dan Kasper Schmeicel lah yang berhasil membawa The Foxes mengukir sejarah dengan menjadi juara Liga Inggris untuk pertama kalinya.

10. Stoke City
Stoke City adalah tim sepak bola dari Stoke on Trent di Inggris (klub lainnya di kota itu adalah Port Vale F.C.). Mereka berlaga di Liga Premier Inggris. Klub ini konon adalah klub sepak bola kedua tertua di dunia setelah Notts County F.C. karena didirikan pada 1863 (beberapa orang menolak, dan menganggap 1868).  Bermarkas di Britania Stadium dengan julukan The Potters.

Stoke City

Pertandingan pertama klub yang tercatat sejarah adalah pada Oktober 1868 saat menghadapi EM May XV di lapangan Victoria Cricket Club. Sepuluh tahun berselang, Stoke Ramblers melakukan merger dengan Stoke Victoria Cricket Club dan lahirlah Stoke Football Club. Mereka lalu pindah ke stadion yang kelak dikenal dengan Victoria Ground. Periode 1930-an merupakan tahun-tahun paling dikenang dalam sejarah Stoke. Saat itu, klub diperkuat pemain legendaris Inggris, Stanley Matthews. Musim 1932/33, Stoke meraih tiket promosi ke Divisi Satu dan mulai menjadi salah satu klub top masa itu. Februari 1937, Stoke mencatat rekor kemenangan terbesar, 10-3, atas West Bromwich Albion. April tahun yang sama, Stoke mencatat rekor jumlah penonton, 51.373 orang, saat menjamu Arsenal. Sayangnya, Perang Dunia II memaksa liga berhenti selama enam tahun. Ketika Perang Dunia II usai, persis pada musim 1946/47, Matthews.

Pada periode 1970-an, Stoke tampil baik pada turnamen piala. Pada final Piala Liga 1971/72, di depan 97.852 penonton yang memadati stadion Wembley, Stoke menaklukkan tim yang lebih difavoritkan, Chelsea, 2-1. Stoke juga tercatat mampu menembus semi-final Piala FA pada 1970/71 dan 1971/72. Namun, klub terjebak masalah finansial ketika atap stadion di tribun The Butler runtuh akibat badai. Untuk menutupi biaya reparasi, Stoke terpaksa menjual tiga pemain bintangnya saat itu. Akibatnya, Stoke terdegradasi ke Divisi Dua musim 1976/77.

Pada 1997/98, Stoke mulai menggunakan kandang baru, stadion Britannia, setelah 119 tahun menghuni Victoria Ground. Awal 2000-an, saham kepemilikan klub dibeli sebuah konsorsium asal Islandia. Pelan-pelan, Stoke pun mampu mendaki kasta demi kasta kompetisi sepakbola Inggris. Musim 2001/02, Stoke berhasil melangkah ke Championship dan mereka harus berjibaku selama enam musim selanjutnya untuk mewujudkan mimpi berlaga di Liga Primer. Saat tampil kembali di Liga Primer musim lalu, banyak pengamat meragukan Stoke mampu mempertahankan status top tier. Seperti yang diketahui sejarah, Stoke mampu membalikkannya dan terus bertahan di kancah tertinggi persepakbolaan Inggris.

11. Watford
Watford merupakan tim sepak bola profesional Inggris bermarkas di Watford, Hertfordshire. Watford pada musim 2006/07 bermain di Liga Utama Inggris. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Vicarage Road yang berkapasitas 19.920 penonton. Seragam mereka berwarna kuning-merah. Club ini dirikan pada tahun 1881 dengan julukan The Hornets, The Golden Boys, Yellow Army, The ‘Orns. 

Watford  merupakan salah satu dari tiga klub yang mendapatkan promosi  ke Premier League musim 2015-16.  Watford memang bukan pertama kali berkompetisi di Premier Legue, mereka sudah pernah melakukannya pada musim 1999-00 dan 2006-07, namun di dua kesempatan tersebut Watford selalu mengakhiri kompetisi sebagai klub yang terdegradasi.  Dengan tujuan tidak mau mengulang dua kesempatan sebelumnya, Watford cukup royal dalam transfer pemain serta memperkuat skuat-nya dengan beberapa pemain bintang.  Watford tentunya tidak akan langsung menargetkan  menjadi juara Premier League atau bersaing di papan atas, namun diharapkan dengan pemain-pemain bintang tersebut mereka setidaknya mampu bersaing di papan tengah.

12. Southampton
Southampton merupakan klub yang pada awalnya bernama St Mary’s Young Men’s Association F.C. (St Mary’s Y.M.A) dan berubah nama menjadi St. Mary’s FC pada musim 1887/88. Klub kemudian memutuskan bergabung dengan Southern League pada 1894 dan mengubah nama mereka menjadi Southampton St Mary’s. Setelah sukses menjadi juara Souythern League musim 1896/97, klub tersebut menjadi sebuah perusahaan dan berganti nama menjadi Southampton FC hingga sekarang.

Southampton

Southampton sukses mempertahankan gelar juara Southern League dan menjadi klub non-liga pertema sejak 1888 yang mampu menembus babak semi-final Piala FA namun mereka dikalahkan tim juara Nottingham Forest secara kontroversial. Setahun kemudian (1898) Southampton pindah ke The Dell. Pada tahun perdananya di markas baru, Southampton sukses menyempurnakan hat-trick juara Southern League. Pada tahun 1900, mereka menembus partai puncak Piala FA untuk kali pertama namun dihajar Bury 4-0. Dua tahun kemudian prestasi sama bisa diukir namun harapan mengangkat piala kandas di tangan Sheffield United.

Setelah Perang Dunia Pertama, banyak klub yang mengalami kesulitan finansial dan The Saints bergabung ke Divisi Tiga Inggris pada tahun 1920. Semusim kemudian mereka mendapat tiket promosi untuk memulai petualangan selama 31 tahun di Divisi Dua. Pada tahun 1925 dan 1927, Southampton menembus babak empat besar Piala FA namun kalah oleh Sheffield United dan Arsenal. Di bulan November 1940, sebuah bom menghajar lapangan The Dell hingga The Saints harus bermain di markas rival mereka, Portsmouth FC di Fratton Park.

13. West Bromwich Albion
West Bromwich Albion adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di West Bromwich, West Midlands. Didirikan pada tahun 1878. Sejak tahun 1900, klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion The Hawthorns yang berkapasitas 26.484 penonton. Seragam mereka adalah biru-putih sehingga mereka dijuluki The Baggies.

West Bromwich Albion

Pada 1888, WBA menjadi salah satu anggota pendiri Liga Sepakbola, kancah tertinggi Inggris saat itu. Puncak prestasi klub tercapai pada musim 1919/20 ketika menjuarai Liga Inggris. Tapi mereka lebih sukses di Piala FA, mencicipi lima gelar juara. Titel pertama diraih pada 1888 saat liga pertama kali berdiri, dan terakhir pada 1968. Sejak awal 1980-an, performa WBA menurun. Dari 1986 hingga 2002 mereka harus berkutat di luar divisi tertinggi. Tapi musim 2010/11 mereka kembali promosi, dan ini menjadi musim kelima WBA di Liga Primer sejak 2002.

14. Arsenal
Arsenal adalah klub sepak bola profesional Inggris yang berbasis di daerah Holloway, London. didirikan pada 1886 dengan nama Dial Square. Klub ini bermain di Liga Utama Inggris yang termasuk salah satu klub tersukses di sepak bola Inggris, yang telah memenangkan 13 gelar kasta utama Liga Inggris (10 pada era Divisi Pertama dan 3 pada era Premier League) dan 12 gelar di Piala FA. Arsenal memegang rekor untuk periode terpanjang berada di kasta puncak Liga Inggris tanpa pernah terdegradasi sejak musim 1919 dan menjadi tim pada peringkat pertama dalam klasemen Liga Inggris sepanjang abad ke-20. Arsenal menjadi tim kedua di Inggris yang menyelesaikan semusim liga tanpa kalah (musim 2003–04) dan tim pertama yang melakukannya pada era di mana satu musim berlangsung 38 pertandingan.

Arsenal

Kejayaan Arsenal di persepak bolaan Inggris pertama kali diawali oleh pelatih Herbert Chapman yang melatih pada rentang tahun 1925-35 dan berhasil menjuarai beberapa kompetisi domestik Inggris (Piala FA, titel Liga Utama, dan Charity Shield) sekaligus mendominasinya dan menjadikan Arsenal sebagai kekuatan paling dominan di Inggris saat itu. Pada rentang 1940an-1960an, Arsenal hanya dapat menambah sedikit koleksi gelar domestiknya. Pada awal 1970an, Arsenal berhasil prestasi terbaik Arsenal di Eropa pertama kali yang terjadi pada musim 1969-70, di ajang Fairs Cup (pendahulu dari Piala UEFA). Arsenal menjadi juara untuk pertama kalinya dan sekaligus terakhir di ajang Fairs Cup (Fairs Cup diganti Piala UEFA sejak musim 1971-72) setelah berhasil mengalahkan klub R.S.C. Anderlecht dengan agregat 4-3 (dengan sistem home and away) Saat itu, klub ini dilatih oleh Bertie Mee. Sepanjang tahun 1980an, Arsenal berhasil menambah koleksi Arsenal dengan beberapa gelar domestik, yaitu Piala Liga pada tahun 1987 dan menjuarai Liga Inggris pada tahun 1989 setelah menumbangkan kompetitor (dan peringkat satu saat itu) Liverpool di Anfield pada pertandingan terakhir liga yang dramatis.

Arsenal dikenal sebagai salah satu raksasa sepak bola Inggris, dan selalu menjadi penantang utama gelar penting di Inggris maupun Eropa. Di bawah kepemimpinan pelatih Prancis, Arsene Wenger, Arsenal merombak gaya membosankannya menjadi salah satu tim paling atraktif di Inggris. Pembelian pemain seperti Patrick Vieira dan Thierry Henry (dua-duanya kini sudah pindah) menjadi faktor yang mendorong prestasi Arsenal setelah era keemasan Tony Adams dkk. Salah satu prestasi gemilangnya adalah meraih double gelar Premier League dan Piala FA tahun 2002 serta menembus final Liga Champions tahun 2006. Musim 2003-2004, pasukan Wenger mencatat rekor sebagai tim yang tidak terkalahkan sepanjang perjalanan Premier League. Pencapaian yang bakal sulit diulangi tim manapun juga. Kini, Arsenal lebih fokus mematangkan pemain-pemain mudanya yang rata-rata masuk kategori papan atas seperti Cesc Fabregas atau Robin van Persie.

15. Manchester United
Manchester United adalah sebuah klub sepak bola profesional Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya, yang bermain di Liga Inggris. Didirikan sebagai Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878, klub ini berganti nama menjadi Manchester United pada 1902 dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1910.

Manchester United

Manchester United telah memenangkan banyak trofi di sepak bola Inggris, termasuk rekor 20 gelar Liga, 12 Piala FA, empat Piala Liga dan rekor 21 FA Community Shield. Klub ini juga telah memenangkan tiga Piala Eropa, Piala UEFA satu Piala Winners UEFA, satu Piala Super UEFA, satu Piala Interkontinental dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA. Pada 1998-1999, klub memenangkan treble dari Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions, prestasi belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub Inggris.

Bencana Udara München 1958 merenggut nyawa delapan pemain. Pada tahun 1968, di bawah manajemen Matt Busby, Manchester United adalah klub sepak bola Inggris pertama yang memenangkan Piala Eropa. Alex Ferguson memenangkan 38 utama total, dari bulan November 1986 sampai Mei 2013, ketika ia mengumumkan pensiun setelah 26 tahun di klub. Rekan Scot David Moyes diangkat sebagai penggantinya pada tanggal 9 Mei 2013.

Manchester United adalah klub sepak bola terkaya ketiga di dunia untuk 2011-12 dalam hal pendapatan, dengan pendapatan tahunan sebesar €395.9 juta, dan kedua klub paling berharga tahun 2013, senilai $3.165 miliar. Dan pada bulan Januari 2015 lalu, Manchester United dinobatkan sebagai klub terkaya kedua di dunia, Ini adalah salah satu tim sepak bola yang paling banyak didukung di dunia.Setelah sahamnya tercatat di London Stock Exchange pada tahun 1991, klub itu dibeli oleh Malcolm Glazer pada Mei 2005 di kesepakatan menilai klub di hampir £800 juta. Pada bulan Agustus 2012, Manchester United melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek New York.

16. Everton
Everton adalah sebuah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Kota Liverpool, Inggris, dan merupakan klub rival dari klub sekota Liverpool. Didirikan pada tahun 1878 dan menjadi salah satu pendiri dari Liga Sepak Bola (Football League) pada tahun 1888 serta Liga Primer pada tahun 1992. Saat ini berkompetisi di Liga Utama Inggris, divisi teratas Liga Inggris. Mereka telah berkompetisi di divisi teratas dengan rekor 108 musim, menjadi klub yang paling lama bermain di divisi teratas kompetisi sepak bola Inggris.

Everton

Gelar liga pertama mereka raih pada musim 1890-91. Bergabungnya Dixie Dean pada tahun 1925 mempengaruhi kesuksesan “The Toffees” menjuarai kompetisi musim 1927-28. Dan setelah lima gelar liga dan dua trofi Piala FA kemudian, pretasi Everton seperti berhenti dan baru bangkit lagi pada tahun 1960-an. Dua gelar liga dan satu trofi Piala FA menjadi bukti kesuksesan pada periode tersebut.

Pada tahun 1980-an, Everton kembali menikmati periode keemasan. Setelah penunjukan manajer Howard Kendall pada tahun 1981, Toffees berhasil meraih dua gelar liga pada musim 1984-85 dan 1986-87 dan satu trofi Piala FA 1984. Gelar domestik tersebut dilengkapi pula dengan trofi Piala Winners UEFA 1984-85, yang menjadi satu-satunya gelar Eropa yang pernah direngkuh Everton hingga saat ini. Akibat Tragedi Heysel, Everton tidak dapat ikut berkompetisi di Eropa. Tragedi tersebut membuat klub-klub Inggris tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi Eropa selama lima tahun. Everton pun gagal memperoleh peluang mengulangi sukses tim-tim Inggris di kejuaraan antarklub Eropa selama periode 1980-an.

Ketika larangan tersebut dicabut oleh UEFA dan Inggris memasuki era Liga Primer, prestasi Everton mulai menurun. Setelah menjuarai Piala FA 1995, prestasi Everton cendrung menurun. Kedatangan manajer Joe Royle pada tahun 1994 sempat membuat klub disegani dan Everton sukses menduduki peringkat keenam Liga Primer musim 1995-96. Penampilan Everton kembali menurun, hingga akhirnya David Moyes datang. Manajer asal Skotlandia ini menyelamatkan Everton dari ancaman degradasi pada musim 2001-02. Tangan dingin Moyes berhasil mengangkat kembali penampilan tim.

17. Liverpool
Liverpool adalah sebuah klub sepak bola peserta Liga Utama Inggris. Liverpool adalah klub tersukses dalam sejarah persepakbolaan Inggris yang bermarkas di kota Liverpool. Liverpool telah memenangkan 5 trofi Liga Champions (dulu Piala Champions), yang merupakan rekor Inggris.18 gelar Liga Inggris, 7 Piala FA, serta, 7 kali juara Piala Liga. Stadion mereka berada di Anfield, yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool.

Liverpool

Liverpool telah memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa bersama FC Bayern München, setelah Real Madrid dan AC Milan[3]. Selain itu Liverpool juga pemegang masing-masing 3 gelar juara Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA. Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 18 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, serta 7 kali juara Piala Liga.

Liverpool didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Football League pada tahun berikutnya. Periode paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa Liverpool memiliki sejarah persaingan yang panjang dengan klub tetangganya Everton dan juga dengan Manchester United. Persaingan dengan klub sekota terkenal dengan nama Derby Merseyside. Liverpool dikenal memiliki seporter yang sangat fanatik, yang berada di seluruh dunia. Mereka dijuluki The Kop. Lagu kebangsaan Liverpool adalah “You’ll Never Walk Alone”.

18. Manchester City
Manchester City adalah sebuah klub sepak bola profesional dari Inggris yang bermain di Liga Premier Inggris. Klub ini adalah klub sekota dengan Manchester United dan bermarkas di Stadion Etihad, Manchester.Pertandingan pertama dimainkan pada bulan November 1880. Pada waktu itu masih bernama St Mark’s (West Gorton). Pada tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C, dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City F.C.

Manchester City telah memenangi Liga Inggris sebanyak 4 kali, Piala FA 5 kali, Piala Liga Inggris 4 kali, dan Piala Winners Eropa 1 kali. Periode tersukses klub ini terjadi pada era akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Pada saat itu City di bawah asuhan manager Joe Mercer dengan asistennya Malcolm Allison dan beberapa pemain seperti Colin Bell, Mike Summerbee dan Francis Lee.

Mulai tahun 1980-an City mengalami masa penuh gejolak penurunan yang berpuncak pada degradasi ke tingkat ketiga sistem liga sepak bola Inggris pada tahun 1998 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Pada waktu era Liga Primer Inggris pertama kali dibentuk tahun 1992, City adalah salah satu pendirinya. Tetapi prestasi klub tidak kunjung membaik, bahkan City harus terdegradasi kembali ke tingkat kedua hingga 2 kali, sementara di ajang Piala FA sejak bergulirnya Liga Primer Inggris, prestasi terbaik City hanya sampai pada perempat-final.

Setelah mengakhiri liga di musim 2006-07 pada posisi empatbelas, musim berikutnya prestasi klub mulai merangkak naik. Pertengahan tahun 2007 klub resmi menjadi milik milyarder Thailand yang ambisius, yang juga adalah mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Tapi kepemilikan Thaksin tidak berlangsung lama. Karena dituduh kasus korupsi di negeranya, akhirnya pada September 2008 Thaksin menjual kepemilikan klub kepada pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

19. Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur adalah klub sepak bola yang berasal dari Tottenham, sebuah daerah yang berada di wilayah utara London. Mereka juga dikenal sebagai Spurs, The Spurs dan Tottenham, sementara penggemar mereka memberi mereka nama the Lilywhites karena seragam tradisional mereka yang berwarna putih.

Tottenham Hotspur

Didirikan pada tahun 1882, Tottenham memenangkan Piala FA untuk pertama kalinya pada tahun 1901, dan menjadi satu-satunya klub non-Liga yang menjuarai Piala FA, sejak dibentuknya The Football League. Pada musim 1960-61, Tottenham adalah klub pertama pada abad ke-20 yang meraih gelar ganda sebagai juara Liga dan Piala FA. Setelah berhasil mempertahankan Piala FA pada tahun 1962, Tottenham menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan kompetisi klub UEFA dengan menjadi juara Piala Winners UEFA pada tahun 1963. Piala FA yang ketiga kalinya pada tahun 1960-an, dimenangkan pada tahun 1967.

Pada 1970-an, Tottenham memenangkan dua Piala Liga yaitu pada tahun 1971 dan 1973. Pada tahun 1972, menjadi klub pertama yang menjadi juara Piala UEFA sejak dibentuk pada tahun 1971 dan menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan dua piala utama Eropa yang berbeda. Pada 1980-an, Spurs memenangkan beberapa piala dengan Piala FA sebanyak dua kali, FA Community Shield dan Piala UEFA pada tahun 1984. Pada 1990-an, klub memenangkan Piala FA dan Piala Liga. Ketika memenangkan Piala Liga sekali lagi pada tahun 2008, menjadikan mereka klub yang telah memenangkan trofi utama di setiap enam dekade terakhir – sebuah prestasi yang sama dengan Manchester United.

20. Chelsea
Chelsea adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Fulham, London. Chelsea didirikan pada tahun 1905 dan kini berkompetisi di Liga Utama Inggris. Sejak tahun 2003, Chelsea dimiliki oleh Roman Abramovich seorang miliuner asal Rusia. Sepanjang sejarah dunia sepak bola di Inggris dan Eropa, klub ini telah meraih empat gelar juara Liga Utama Inggris, tujuh Piala FA, empat Piala Liga, satu trofi Liga Champions UEFA, dua Piala Winners UEFA, satu Liga Eropa UEFA dan satu Piala Super UEFA.

Sepanjang sejarah penampilan dalam dunia sepak bola di Inggris dan Eropa, klub ini telah meraih lima gelar juara Liga Utama Inggris, tujuh Piala FA, empat Piala Liga, satu trofi Liga Champions UEFA, dua Piala Winners UEFA, satu Liga Eropa UEFA dan satu Piala Super UEFA. Stadion kandang mereka Stamford Bridge, berkapasitas 41.631 kursi penonton, telah digunakan sebagai stadion kandang sejak Chelsea didirikan. Sejak tahun 2003, Chelsea dimiliki oleh Roman Abramovich seorang miliuner asal Rusia.

Kesuksesan pertama Chelsea diraih saat meraih gelar juara liga pada tahun 1955. Beberapa gelar dari berbagai kompetisi juga berhasil diraih pada dekade 1960an, 1970an, 1990an, dan 2000an. Dalam periode lima belas tahun terakhir merupakan periode terbaik kesuksesan Chelsea; yang ditutup dengan untuk pertama kali meraih gelar juara Double winner, Liga Utama Inggris dan Piala FA pada tahun 2010 serta gelar juara Liga Champions UEFA pada tahun 2012 dan Liga Eropa UEFA pada 2013.

Kostum utama Chelsea adalah kaus dan celana berwarna biru royal dengan kaus kaki berwarna putih. Kombinasi tersebut telah digunakan sejak dekade 1960an. Lambang klub telah berganti beberapa kali dalam upaya memodernisasi dan mengubah pencitraan. Lambang yang kini digunakan, yang menampilan seekor singa seremonial memegang sebuah tongkat, merupakan modifikasi dari lambang yang pernah digunakan pada dekade 1950an. Rata-rata jumlah penonton liga pada laga kandang musim 2015–16 sebanyak 41.500 penonton, jumlah tertinggi ketujuh pada Liga Utama Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *